Wednesday, April 4, 2012

                  Salah satu strain Salmonella typhimuriumBaru-baru ini (tanggal 30 Desember 2009) para ilmuwan Inggris dan Afrika mengatakan bahwa di Afrika telah ditemukan sebuah strain bakteri baru yang resisten alias kebal terhadap obat-obatan dan menyebabkan sejumlah kematian yang tidak biasanya.
Strain tersebut adalah varian dari Salmonella typhimurium yang diberi nama ST313. Genome bakteri tersebut sudah dipecahkan kodenya oleh para peneliti dari Wellcome Trust Sanger Institute dan para peneliti di Kenya dan Malawi.
Menurut para peneliti tersebut, kebanyakan bakteri Salmonella menyebabkan penyakit diare dan jarang yang berakibat fatal, namun strain baru ini justru bisa menyebabkan kematian pada satu dari empat kasus yang terjadi pada anak-anak dan orang dewasa yang rentan di beberapa wilayah Afrika. Banyak pula diantara para korban yang penyakitnya diperparah akibat virus AIDS, anemia, malaria atau kekurangan gizi.
Biasanya Salmonella terdapat pada hewan-hewan dan bisa ‘hinggap’ di manusia melalui makanan yang tidak higienis. Jadi selain berharap strain baru tersebut tidak menyebar luar, kita juga harus menjaga kebersihan makanan yang kita konsumsi.
Sumber: www.microbeworld.org

No comments:

Post a Comment