Saturday, March 31, 2012

cara untuk Mempererat Hubungan dengan Pelanggan

5 cara untuk Mempererat Hubungan dengan Pelanggan
oleh: Dave Roth + suliswanto



    Memperkuat hubungan dengan seseorang adalah hal yang sangat penting, khususnya seorang palanggan bisnis kita. Pelanggan akan merasakan nyaman dan mempunyai hubungan baik dengan seseorang secara khusus akan berdampak pada kelangsungan hubungan bisnis. Biasanya ada 5 jalan untuk mempererat hubungan dengan pelanggan.
  • Pertama, pelanggan harus diyakinkan dan merasa di pedulikan, dan ini sangat penting sekali. Pelanggan harus merasa bahwa salesmen atau karyawan kita memperdulikan mereka. Dan ada banyak hal bagaimana menunjukkan kepedulian kita tersebut. Dan tentu saja pemilik bisnis dan para karyawan dapat menggunakan beberapa cara untuk melakukannya.
  • Kedua, meng-harga-kan berbagai produk/ jasa secara wajar. Adalah wajar jika kita menghendaki untuk mendapatkan laba yang tinggi dalam sebuah transaksi bisnis, tetapi sangat penting untuk mengukur harga yang wajar dan pada tingkat mana konsumen bersedia membayar sehingga kita mendapatkan profit dan konsumen juga merasa puas dengan barang yang ia dapatkan. Artinya disini, kita tidak hanya sekedar berfikir bagaimana mendapatkan keuntungan setinggi-tingginya, tetapi kita juga harus berfikir apakah konsumen mendapatkan kepuasan terhadap nilai produk/ jasa jika dibandingkan dengan harga yang telah ia bayar.
  • Ketiga, usahakan supaya pelanggan mengingat kita dan alamat usaha kita. Karena tentu saja konsumen tidak akan bertransaksi dengan kita pada kali berikutnya jika ia lupa dimana alamat usaha kita. Promosi dan iklan, termasuk membagikan kartu nama dapat membantu dalam hal ini. Selain itu, usahakan mempunyai katalog dan price list-nya, karena costume pasti ingin mengetahui produk-produk lainnya yang yang kita miliki.
  • Keempat, jaga kebersihan dan kerapian toko dan gudang. Karena seseorang akan enggan untuk berbelanja di toko yang kotor, atau mungkin kelihatan tidak aman dan tidak sedap dipandang mata. Karena, pelanggan akan menceritakan kondisi toko kita kepada orang lain, entah itu kotor atau bersih.
  • Kelima, penting bagi karyawan untuk mempersiapkan diri mereka, termasuk kerapian dan mungkin dandanan yang cantik. Ini tidak berarti mereka harus berdandan bak fotomodel atau menggunakan make -up yang berlebihan. Paling tidak mereka harus terlihat bersih dan rapi, termasuk menjaga jangan sampai ada bau badan atau bau mulut, apalagi dalam profesi mereka sebagai seorang penjual profesional.
                     Dengan beberapa tips sederhana ini, sebuah bisnis dan karyawan pendukungnya akan membuat hubungan dengan pelanggan semakin erat. Hal ini akan membuat pelanggan selalu ingin berbelanja di toko tertentu, dan mereka akan kembali lagi dilain waktu.Dan mereka akan semakin berbelanja banyak barang di toko tersebut, dan secara otomatis membantu owner bisnis untuk menghasilkan profit yang lebih besar.

No comments:

Post a Comment